Salah satu aspek yang paling bermanfaat dalam bepergian ke Kroasia adalah mencoba hidangan yang diproduksi secara lokal; kelezatan sederhana yang membawa selera seseorang dalam tur budaya dan tradisi Kroasia. Panduan ini akan menyoroti beberapa kelezatan terpenting yang diproduksi secara lokal di Kroasia, yang harus dicicipi saat bepergian keliling negeri.

Hidangan menawarkan langit-langit rasa yang boros yang tidak dapat dialami di tempat lain, mulai dari daging kering, hingga keju yang disiapkan dengan lembut, hingga truffle langka. Sementara Kroasia menawarkan banyak makanan tradisional yang disiapkan  secaralokal, beberapa hanya menonjol lebih dari yang lain. Panduan ini akan menyoroti hidangan paling penting dan paling menarik yang akan Anda temui saat mengunjungi Republik Kroasia.

1. Istrian truffle

Beberapa truffle yang paling dicari di dunia dapat ditemukan di wilayah Istria, Kroasia. Salah satu pengalaman kuliner terbesar yang bisa disandang di Tanah Air adalah pasta Istrian Fuzi  dengan saus berbasis truffle. Selain itu, truffle itu sendiri dapat dibeli dan digunakan dalam resep rumah pribadi Anda sendiri. Selama musim yang benar, truffle Istrian adalah salah satu bahan favorit saya.

2. Cvarci

Cvarci adalah variasi rinds babi, kelezatan umum yang dinikmati di seluruh benua Kroasia. Meskipun mereka mungkin tampak sederhana, dan bahkan belum sempurna, kelezatan pedesaan ini tidak lain. Suguhan kecil yang renyah ini dapat dinikmati sebagai camilan, makanan pembuka, atau bahkan makanan yang mengenyangkan. Mereka akan memberi Anda dorongan energi yang bagus, terlepas dari apakah Anda memakannya dengan atau tanpa roti.

3. Kulen

Kulen adalah sosis yang dibuat dengan mencampur daging babi Slavonia halus, paprika merah panas, dan bawang putih untuk menambahkan rempah-rempah. Kelezatan pedas dan empuk ini berasal dari wilayah Slavonia, dan biasanya disajikan sebagai hidangan pembuka bersama dengan roti dan keju.  Kulen  adalah salah satu daging kering premium Kroasia, diakui secara internasional dengan sebutan asal dan memenangkan banyak penghargaan. Meskipun rempah-rempah mungkin tidak untuk semua orang,  Kulen  mutlak harus mencoba ketika mengunjungi Kroasia, terutama wilayah Slavonia.

4. Prsut

Ada perdebatan di Kroasia yang sama tuanya dengan waktu, perdebatan antara yang lebih baik – Kulen  atau  Prsut. Prsut   dan Kulen adalah dua hidangan daging kering utama Kroasia. Dibuat dengan mengeringkan dan merokok, hindlimbs babi, proses yang sangat panjang, dagingnya memiliki rasa berasap, asin, dan bahkan manis.  Prsut  sebenarnya telah digambarkan sebagai umami yang sempurna, mencakup selera dari semua palet rasa yang berbeda. Prsut  biasanya disajikan seperti Kulen    (dalam banyak kasus kedua daging disajikan bersama) sebagai hidangan pembuka dengan keju dan roti.

5. Keju Pag

Keju klasik, Pag, atau Keju Pulau Pag adalah keju artisan paling terkenal dan terkenal yang keluar dari Kroasia. Keju ini  dibuat di pulau yang sangat istimewa di Kroasia, Pag, yang dikabarkan memiliki lebih banyak domba daripada manusia.

Meskipun ini tentu hiperbola, ada sejumlah besar domba  di pulau yang menghasilkan susu yang terbuat dari keju halus ini. Keju pag memiliki tekstur yang keras dan rasanya yang bulat dan  berbeda. Meskipun keju berasal dari pulau Pag, tiket feri tidak perlu menikmatinya karena Keju Pag dapat dinikmati di seluruh Kroasia.

6. Anggur

memiliki banyak daerah anggur bersejarah. Dengan berbagai jenis dan rasa, mudah tersesat dan jatuh cinta dengan industri anggur. Hampir setiap wilayah Kroasia memiliki anggur domestik. Mengatakan jenis mana yang terbaik akan sulit, tetapi saya dapat memberitahu Anda mana yang paling populer.

Dua anggur di Kroasia adalah Grasevina putih  (diproduksi di Slavonia), dan  Plavac Mali merah (diproduksi di Dalmatia). Namun, ada banyak jenis lain yang sama baiknya, dan dalam beberapa tahun terakhir, industri anggur bersoda telah berkembang. Salah satu pengalaman perjalanan paling menghibur dan unik yang dapat dilakukan adalah mencicipi anggur di salah satu dari banyak kilang anggur di negara ini.

7. Minyak zaitun

Kroasia sangat terkenal karena produksi minyak zaitunnya. Sebuah titik kebanggaan bagi orang Kroasia adalah bahwa zaitun tertua dalam sejarah dunia berasal dari pulau Pag. Kelimpahan minyak historis, dan kegemaran untuk mengambil hampir setiap sayuran dan memprosesnya menjadi sesuatu yang lain, telah menciptakan salah satu industri minyak zaitun paling terkemuka di dunia.

Minyak zaitun memiliki rasa yang unik, yang lebih alami, dan sedikit pahit, dibandingkan dengan rekan-rekan negara lain. Minyak zaitun terbaik yang bisa disulap di Kroasia bisa dicoba di pesisir Dalmatian. Ini digunakan tidak hanya sebagai bahan tetapi juga sebagai makanan pembuka di banyak restoran.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *