Bukan rahasia lagi bahwa Hawaii  adalah panci peleburan budaya, dan adegan makanan negara tentu saja merupakan cerminan sejati dari itu. Dari pemukim Polinesia pertama yang tiba ke pulau-pulau 1.500 tahun yang lalu hingga pekerja perkebunan dari Cina, Jepang, Korea, Filipina, dan Portugal pada 1800-an, berbagai budaya yang kuat dan bersemangat membantu mengubah Hawaii menjadi seperti sekarang ini.

Hasilnya? Campuran kaya kuliner khas yang telah berkembang dari waktu ke waktu menjadi makanan penghibur yang benar-benar unik untuk Kepulauan Hawaii. Jadi  sebelum Anda memesan tiket itu, luangkan waktu untuk mengenal makanan paling populer di  pulau-pulau,dari menyodok dan poi hingga  saimin  dan musubi.

Berkat generasi baru dalang pecinta kuliner, bahkan ada beberapa tradisi kuliner yang masih dalam pengembangan saat ini. Pelajari segala sesuatu yang perlu diketahui tentang makanan favorit Hawaii (dan di mana menemukan yang terbaik) dengan panduan ini untuk makanan paling populer di pulau-pulau.

Saimin

Siapa pun yang telah melakukan perjalanan ke Hawaii tahu bahwa negara memiliki hubungan cinta yang berkelanjutan dengan mie. Saimin  dikembangkan selama era perkebunan, ketika pekerja Jepang, Filipina, dan Cina sering berbagi dan mencampur hidangan mie khas budaya mereka dengan rekan kerja mereka. Hasilnya adalah perpaduan lezat kaldu berbasis dashi ringan dan mie gandum kenyal atasnya dengan kue ikan(kamaboko),bawang hijau, dan daging babi char sui.

Bagi mereka yang bertanya-tanya perbedaan antara saimin  dan mie populer Hawaii lainnya, seperti ramen,  saimin  biasanya dikategorikan karena kaldunya yang lebih jernih dan mie yang lebih ringan. Mie Saimin  terbuat dari tepung terigu dan telur, sedangkan mi ramen tidak memiliki telur.

Untuk saimin terbaik di  Hawaii, lihat Star Noodle on  Maui  atau  Hamura  Saimin Stand on  Kauai.

Malasada

Digoreng, dibersihkan dalam gula, dan sering diisi dengan puding rasa manis, malasada adalah versi Portugis dari donat. Suguhan lezat ini awalnya diperuntukkan bagi para pekerja perkebunan yang datang dari Portugal pada tahun 1800-an sampai Leonard Rego membuka Leonard’s Bakery di Oahu pada tahun 1953 dan membuatnya tersedia untuk massa. Leonard masih buka  sampai hari ini di Honolulu dan terus membuat malasadas terbaik di negara bagian jika Anda bertanya kepada kami.

Poi

Bumbu unik ini terbuat dari tanaman paling penting dalam budaya Hawaii. Tidak, itu bukan nanas, tetapi sayuran akar tepung yang disebut talas (atau kalo  dalam bahasa Hawaii). Akar talas ditumbuk dan kemudian difermentasi menjadi poi.

Talas sangat berperan untuk kelangsungan hidup orang Hawaii awal, bahwa talas menjadi melekat pada legenda dan sejarah pulau-pulau.

Sebagian besar pengunjung datang dan pergi tanpa memberikan poi kesempatan, meskipun itu termasuk di hampir setiap meja luau  di Hawaii. Bagaimanapun, ketahuilah bahwa poi paling baik dinikmati bersama makanan pokok Hawaii seperti  lau  lau dan babi kalua. Pergilah  ke Helena’s Hawaiian Food di Oahu untuk mencoba poi sebagaimana mestinya, dipasangkan dengan sepiring besar makanan Hawaii!

Kalua Pork

Anda belum memiliki daging babi sampai Anda sudah dimasak lambat dan dipanggang dalam oven imu bawah  tanah. Jika Anda pergi ke  luau,kemungkinan itu akan mencakup upacara  imu  dan pembukaan tradisional seluruh babi yang telah memasak di bawah tanah yang dibungkus dengan daun pisang sepanjang hari. Makan siang piring Hawaii tidak akan sama tanpa itu.

Poke

Sementara hidangan populer ini secara tradisional dibuat oleh nelayan setempat yang membumbui potongan akhir tangkapan harian mereka dengan garam dan rumput laut, sejak itu poke berubah menjadi salah satu makanan paling ikonik di Hawaii. Potongan ikan mentah berukuran gigitan yang diasinkan di shoyu, garam laut Hawaii, bawang, dan rumput laut limu,  menyodok yang baik masih semua tentang kesegaran dan kualitas.

Di Hawaii, poke dapat ditemukan di sendi lubang-di-dinding dan restoran kelas atas, dan bahkan telah mulai mendapatkan momentum di daratan. Cobalah Fresh Catch atau Maguro Brothers di Oahu atau  Da Poke Shack di Big Island.

Lau Lau

Dikemas dengan daging babi atau ikan (kadang-kadang keduanya), dibungkus dengan daun talas dan dikukus perlahan, membuka Lau Lau yang baru dimasak adalah salah satu kesenangan kecil kehidupan. Ono Hawaiian Foods  on Oahu and  Pono Market on Kauai menyajikan beberapa Lau Lau  terbaik  di Hawaii. Jangan lupa tambahkan air cabai!

Spam Musubi

Terbuat dari nasi sushi dengan spam bumbui dan dibungkus dengan rumput laut nori, musubi adalah camilan grab-and-go yang sempurna untuk memicu petualangan Hawaii.

Asal-usul spam musubi bervariasi (seperti halnya banyak hal di Hawaii, itu tergantung pada siapa yang Anda tanyakan). Ini menggabungkan onigiri Jepang,bola nasi biasanya dibungkus dengan rumput laut nori dan diisi dengan daging, dan spam, yang pertama kali menjadi populer di Hawaii selama Perang Dunia II.

Tanyakan sekitar, dan Anda akan terkejut mengetahui bahwa sebagian besar penduduk setempat langsung ke 7-11 untuk musubi spam mereka, meskipun kami juga mendesak Anda untuk memeriksa beberapa perusahaan yang dikelola secara lokal seperti Cafe Iyasume  di  Honolulu. Aula makanan Waikiki  Yokocho  di  Oahu bahkan memiliki konter musubi yang dibuat dengan beras merah dan coklat organik berkualitas tinggi.

Haupia

Makanan penutup berbasis kelapa dengan konsistensi puding jello-meets, haupia adalah makanan pokok lain di piring Hawaii atau makan malam luau Anda. Cobalah dalam bentuk pai (Anda tidak akan kecewa) dikombinasikan dengan cokelat dan krim kocok di Ted’s Bakery di  pantai utara Oahu.

Huli Huili Chicken

Seluruh burung yang berbasis saus manis dan diputar perlahan di atas barbeque panas(huli  adalah kata Hawaii untuk “giliran”), Anda akan sering menemukan sekolah lokal dan penggalangan dana menggunakan metode memasak ini untuk memasak dalam jumlah besar. Ayam  Huli  Huli terbaik dimasak di atas  kayu kiawe,  sejenis mesquite asli Hawaii.

Ayam Huli  Huli mike di pinggir jalan dan Ayam Rebus Kiawe ray di Oahu sama-sama ikonik.

Portuguese Sausage

Sulit untuk menemukan barbekyu pantai Hawaii yang tidak termasuk tautan atau dua sosis Portugis di atas panggangan, dan begitu Anda memiliki gigitan pertama Anda dari kebaikan asin, pedas, Anda akan melihat mengapa.

Ketika datang ke sarapan di Hawaii, bacon tidak selalu raja. Anda lebih mungkin menemukan telur Anda disajikan dengan porsi besar irisan sosis Portugis. Jika Anda ingin sarapan enak di Oahu, Sweet E’s Cafe dan Liliha  Bakery adalah tempat yang tepat untuk memulai.

Shave Ice

Es cukur dapat melacak warisannya kembali ke suguhan Jepang, kakigori. Imigran Jepang yang datang ke Hawaii untuk bekerja di ladang nanas dan tebu digunakan untuk menggunakan alat mereka untuk mencukur serpihan dari balok es besar sebelum melapisinya dengan gula segar atau jus buah. Ketika perkebunan ditutup atau pekerjaan mereka berakhir, beberapa keluarga memilih untuk tinggal di Hawaii dan membuka toko umum kecil yang menjual bahan makanan dan mencukur es. Beberapa toko ini, termasuk Matsumoto’s Shave Ice di Oahu, masih ada hingga saat ini. Ingat, jangan menyebutnya “cukures.”  

Garlic Shrimp

Ini mentega, garlicky, dan udang, apa yang tidak dicintai? Hidangan ini dibuat sangat populer oleh truk makanan yang menghiasi garis pantai di pantai utara Oahu. Meskipun setiap truk memiliki gaya unik sendiri dan mengambil hidangan,  Giovannis,  Fumi,danRomy adalah beberapa yang terbaik.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *