bergabung dengan jajaran Prancis, Cina, Italia dan semacamnya. Makanan Turki, seperti mosaik budaya negara itu, sangat berwarna-warni dan mengandung pengaruh dan selera yang tak terhitung jumlahnya. Masakan Turki terus berkembang selama berabad-abad, berasal dari pengaruh dari sejarah tanah yang kaya yang menjadi tuan rumah pertama Bizantium, dan kemudian Kekaisaran Ottoman.

Selera khusus di berbagai daerah di Turki berkontribusi pada kompleksitas masakan negara itu. Ketersediaan makanan Turki yang berbeda di beberapa wilayah juga membantu membentuk makanan yang umum untuk daerah tertentu. Wilayah  Laut Hitam Timur, misalnya, tidak sesuai untuk produksi gandum karena hujan lebat; oleh karena itu penduduk mengembangkan hidangan yang sebagian besar mengandalkan jagung dan tepung jagung. Demikian juga, wilayah Anatolia Tenggara terkenal dengan kebab sebagai akibat dari ternaknya yang melimpah. Wilayah Aegean, yang terkenal dengan produksi zaitunnya, terkenal dengan hidangan dan rempah-rempah sayuran minyak zaitun yang lezat; sementara kue kering adalah monopoli Thrace.

Istanbul selalu menarik sejumlah besar migran dari bagian lain Turki, pindah ke kota untuk mencari pekerjaan. Karena itu, Istanbul telah menjadi jantung budaya Turki, berbagi makanan paling lezat dari setiap daerah dalam masakannya yang unik.

Kebiasaan Makanan Turki

Sarapan tradisional Turki besar dan berlimpah, terdiri dari sejumlah hidangan kecil termasuk keju, zaitun, tomat, mentega, selai dan spread, roti segar dan, tentu saja, aliran teh yang melimpah. Sarapan di daerah pedesaan dan orang miskin adalah, yang paling umum, sup.

Sarapan Turki – Bal Kaymak,  menemen,zaitun, keju, dan teh

Sayuran memiliki tempat penting dalam masakan Turki. Mereka dapat dimasak dengan minyak zaitun dan disajikan dingin sebagai mezzes;atau dengan mentega dan sedikit daging, dan disajikan panas.

Sup adalah starter yang paling umum untuk semua makanan Turki. Berbagai sup lezat tersedia, dengan yang paling umum adalah sup lentil yang lezat.

Bintang dapur Turki adalah nasi, atau‘pilav’,yang disajikan dengan sebagian besar makanan Turki. Pilav mencicipi  yang enak adalah bukti keterampilan memasak ibu rumah tangga Turki yang baik.

Roti adalah bagian lain yang sangat diperlukan dari setiap makanan Turki. Ini dimakan, apakah itu sangat cocok untuk makan, atau tidak.

Hidangan Isi Perut dalam Masakan Turki

Hidangan sakatat (atau, isi perut) sangat penting dalam masakan Turki, sebagian besar karena bagian offal hewan lebih murah dan lebih bergizi daripada potongan daging lainnya. Hampir semua pasar memiliki rasio satu penjual isi perut dengan setiap tiga tukang daging, dan beberapa tukang daging biasa juga menjual isi perut.

Sebagian besar hidangan isi perut dipanggang dan dibumbui dengan thyme. Daftar makanan Turki terkenal yang dibuat dengan isi perut panjang, dan termasuk: otak goreng, salad otak (semacam mezze), hati panggang, hati goreng(Arnavut  cigeri,jenis mezze favorit), rebusan hati dengan thyme, sup babat (iskembe  corbasi), babat dengan buncis, babat au gratin, limpa panggang (terutama berguna sebagai pengobatan untuk anemia), ginjal panggang, testis ram panggang, usus dombapanggang (kokorec), kepala domba (kelle)dan sup trotter.

Restoran babat, yang biasa disebut sebagai‘pemberhentian terakhir pemabuk’,buka 24 jam sehari. Umumnya, hidangan disajikan dengan roti dan banyak cabai dan bawang putih, dan dinikmati sebagai makanan lezat.

Makanan Cepat Saji Turki

Ketika orang Turki tidak makan di rumah mereka sendiri, mereka menyukai makanan yang memuaskan, tetapi yang dimasak dengan cepat. Ada banyak ‘makanan cepat saji’ favorit turki, termasuk yang tercantum di bawah ini:

Selesair

Doner adalah favorit Turki tua yang juga telah menjadi populer di banyak negara Barat. Kombinasi domba dan daging sapi yang terkompresi dipanggang perlahan saat berputar di rotisserie vertikal oleh api terbuka. Saat berputar, kerucut bertemu dipanggang oleh flaved dan kemudian  perlahan-lahan diukir dalam irisan yang sangat tipis dengan pisau yang sangat panjang. Daging kemudian disajikan di atas roti atau lava bungkus(durum)dengan pilihan tomat, bawang, selada, yogurt, dan kentang yang lezat.

Gozleme (Gozleme)

Dikenal sebagai pancake Turki, gozleme  adalah makanan Turki sederhana, namun sering terdaftar di antara spesialisasi di tempat makan kecil tertentu. Selembar adonan yang sangat tipis, mirip dengan crepe, dipanggang pada lembaran logam melengkung dan kemudian diisi dengan keju, kentang, bayam, atau daging tanah, dan selalu disajikan segar.

Pide

Paling sering disebut sebagai ‘pizza’ Turki karena makanan cepat saji ini dibuat dengan adonan tebal dan atasnya dengan pilihan daging, sayuran, dan keju. Dibuat segar sesuai pesanan dalam oven berbahan bakar kayu, pide  biasanya berbentuk panjang dan oval dan dipotong menjadi banyak irisan untuk dinikmati.

Bahasa Lahmacun

Pizza versi Turki yang lezat ini terbuat dari lapisan tipis kue di mana daging cincang disebarkan dengan tomat, bawang, garam dan peterseli, dan dibumbui dengan cabai merah sesuai keinginan Anda. Umumnya  turki mengisi pusat dengan tomat, selada dan bawang dan taburan jus lemon, dan roll to eat.

Simit

Salah satu kesenangan sederhana masakan Turki adalah roti berbentuk cincin yang ditutupi oleh biji wijen. Simit  dapat ditemukan dengan mudah di mana-mana di Turki, dan paling umum dijual di jalanan, ditampilkan dalam gerobak tertutup kecil atau tribun kecil, dan kadang-kadang hanya dibawa oleh penjual berjalan dengan  simit  menumpuk tinggi di kepalanya. Simit  , terlihat seperti roti gulung polos, tetapi merupakan iringan sarapan favorit, atau camilan di jalan-jalan Istanbul, biasanya dinikmati dengan beberapa keju dan ayran.

Kokorec

Salah satu makanan cepat saji favorit orang Turki, hidangan yang terbuat dari usus domba ini dibumbui dengan bumbu dan disajikan dalam tomat roti, bawang, dan peterseli. Terlepas dari kedengarannya, itu sebenarnya lezat dan Anda dapat menemukan kokorec terbaik di   distrik Kadikoy,  Ortakoy dan Balik  Pazari  di Istanbul.

Kumpir

Makanan Turki ini hanya terbuat dari kentang panggang besar yang kemudian dipotong menjadi dua dan diisi dengan pilihan Anda dari berbagai isian, termasuk keju, zaitun, salad, acar, kacang polong, jamur, sosis, dan jagung.

Kofte ekmek  (bola & roti daging)

Salah satu makanan jalanan terbaik yang akan Anda temukan, biasanya dijual dari van mini. Roti diisi dengan kofte (bakso)  dan bawang merah, rempah-rempah panas, tomat, salad dan peterseli.

Cig kofte

Makanan sederhana dan sehat yang fantastis ini dinikmati di jalan-jalan di seluruh Istanbul. Artinya‘bakso mentah’  varietas yang paling umum sekarang dibuat tanpa daging, dan merupakan bakso bulgur mentah ‘dimasak’ dalam rempah-rempah. Cig kofte  umumnya disajikan dibungkus dengan daun selada dan ditaburi jus lemon segar.

Minuman Turki

Teh Turki (cay)

Orang Turki menyukai teh, dan sebagian besar orang Turki minum banyak cangkir sehari. Teh Turki selalu ditawarkan pertama kepada pengunjung dan tamu ke semua rumah dan bisnis. Turki menyiapkan teh dengan menyeduhnya dalam teko (bukan dengan ‘teh celup’), sebaiknya porselen, lebih dari ketel, dan teh Turki yang diseduh sempurna harus berwarna merah tua. Meskipun teh dapat ditemukan disajikan dalam cangkir porselen di hotel dan kafe utama, orang Turki lebih suka teh mereka disajikan dalam gelas kaca. Meskipun kopi instan (yang disebut Turki‘Nescafe’) cukup umum, tidak ada yang bisa menggantikan secangkir teh yang baik.

Kebun teh(cay  bahcesi)berlimpah diIstanbul. Taman terbuka ini, biasanya terletak di daerah dengan pemandangan panorama yang menakjubkan, juga menyajikan jus buah, colas dan beberapa makanan Turki seperti sandwich dan’tost'(sandwich panggang). Kebun teh yang lebih tradisional menyajikan teh mereka dengan semaver  (teko logam), dan di beberapa kebun teh Anda bahkan akan menemukan  nargile  (pipa air) untuk merokok berbagai tembakau rasa buah. Taman teh Moda  dan   Emirgan adalah pilihan populer di kalangan pengunjung kafe.

Kopi Turki (Türk  kahvesi)

Kopi disajikan dalam cangkir porselen kecil (menyerupai cangkir espresso) dan selalu dengan segelas air. Biasanya tidak dikonsumsi dengan sarapan; tetapi, lebih umum, itu dinikmati setelah makan dengan sesuatu yang manis, biasanya kesenangan Turki atau cokelat.

Kopi Turki secara tradisional disiapkan dalam panci tembaga kecil yang disebut cezve, dan dibuat dengan merebus kopi yang sangat halus bersama dengan air dan gula. Kopi disajikan sesuai dengan selera Anda – sade  (tanpa  gula) atau sekerli    (manis). Saat minum  Anda harus menyesap kopi dengan ringan, sehingga meninggalkan bubuk kopi di bagian bawah cangkir.

Setelah itu, Anda mungkin dapat menemukan seseorang yang dapat membaca masa depan Anda dari lahan kopi, yang masih sangat populer di di antara penduduk yang lebih tua dan lebih muda.

Ayran

Minuman lezat yang terbuat dari yoghurt ini diencerkan dengan air dan kemudian asin dan disajikan dingin, sangat dinikmati oleh orang Turki dan merupakan iringan yang sempurna untuk sebagian besar makanan, terutama kebab atau makanan pedas.

Sahlep (sahlep)

Minuman panas ini biasanya dinikmati pada hari-hari musim dingin yang dingin terbuat dari akar bubuk kering anggrek gunung. Bubuk sahlep  dicampur dengan susu dan gula dan direbus. Akarnya kaya pati dan campuran mengental secara alami, menyerupai tekstur seperti krim. Umumnya disajikan polos dan ditaburi kayu manis, tetapi Anda juga dapat menemukannya sebagai pengganti susu untuk latte dan kopi lainnya selama musim dingin.

Jus Lobak(salgam  suyu)

Minuman asam, kadang-kadang panas, berwarnamerah yang disiapkan dengan merebus lobak dan wortel dalam air, dan menambahkan cuka. Berasal dari Anatolia Selatan, ia dapat meredakan sakit perut, membantu tubuh untuk mengatasi panas, dan juga merupakan salah satu iringan yang lebih disukai dari beberapa makanan pedas seperti kebab,  cigkofte dan  raki.

Boza(Boza)

Minuman kental dan sedikit asam ini terbuat dari millet dan air yang dihancurkan, yang telah dibiarkan berfermentasi. Boza  paling sering dinikmati di musim dingin, dan rumah-rumah  Boza  menyajikan gelas minuman yang dihiasi dengan kayu manis atau buncis.

Raki

Ini mungkin yang paling terkenal dari semua minuman beralkohol – dan tentu saja salah satu iringan makanan yang paling dinikmati di antara orang Turki. Minuman rasa adas manis ini mengandung alkohol tingkat tinggi dan tidak boleh dikonsumsi dengan cepat.  Sebaliknya, kebanyakan orang menikmati  raki berwarna yang dicampur dengan air, yang mengubahnya menjadi minuman putih keruh. Raki  secara luas dikatakan membantu pencernaan dan dikenal sebagai semacam  aperitif.

Permen

Kesenangan Turki (lokum)

Meskipun daftar bahan dalam lokum  (gula, air dan pati) tampaknya luar biasa sederhana, rahasia untuk membuat  lokum  yang baik adalah dalam cara memasak bersama. Namun, di Istanbul, ada hampir terlalu banyak peluang untuk mengalami versi fantastis dari favorit ini. Varietas tanpa akhir berlimpah, dan banyak pengunjung akan ingin mencoba mencicipi sebanyak mungkin rasa yang berbeda saat berada di Istanbul. Dan mungkin, mengambil sedikit kembali ke rumah untuk menikmati …

Baklava

Baklava yang baru dimasak

Baklava berasal dari wilayah Gaziantep,  terkenal dengan  pistachionya, dan secara tradisional dipanggang dalam oven berbahan bakar kayu. Namun, banyak varietas filo-pastry lezat dengan kacang-kacangan dan ditutupi sirup sekarang ada.

Kata-kata yang Perlu Diketahui di Meja Turki

 Sebelum makan makanan,  adalah umum bagi koki dan orang lain di meja untuk saling berharap‘afiyet  olsun’,yang pada dasarnya sama dengan mengatakan bon  apetit.  

Sebagai pujian  kepada koki, para pengunjung di meja juga akan mengatakan‘elinize  saglik’, yang secara harfiah berarti ‘kesehatan di tanganAnda’ tetapi ditafsirkan sebagai tanda endearment atau ‘sangat lezat, dilakukan dengan baik’.

Akhirnya, sebelum minum, semua orang akan berteriak‘serefe’,yang berarti sorak-sorai!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *